Kamis, 17 Juli 2008

Pujian yang Berlebihan

Ternyata tidak semua pujian dianggap sebagai pure pujian, jika pujian itu dilakukan secara berlebihan. Apalagi jika pujian itu dirasa tidak pas dengan kenyataan.
Pujian memang bisa menaikkan semangat, membuat hati senang, dan membuat semakin percaya diri. itu jika diberikan dalam porsi pas, sesuai kenyataan.
Namun pujian juga bisa menghilangkan semangat, mengikis rasa percaya diri, jika diberikan dalam porsi berlebihan.
"duh..cantiknya...bisa-bisa satu bis melirik semua nih..."
  • jika pujian itu diberikan pada wanita yang benar-benar cantik, bisa jadi hati wanita itu semakin berbunga-bunga dan kian mantap melenggang menuju halte
  • jika pujian itu diberikan pada wanita yang yahhh biasa-biasa saja..bisa jadi wanita itu malah serasa disindir..bisa jadi terus berbalik dan merubah dandanan takut kelewat mencolok lipstiknya dan memastikan bedaknya tidak terlalu tebal..Rasa percaya dirinya akan hilang, karena realnya wanita itu sadar kalau dirinya memang biasa-biasa saja, dalam bahasa Jawa dia merasa 'dilulu'.

Memuji memang bertujuan menyenangkan hati orang lain. Dan menyenangkan hati orang lain hukumnya adalah mulia. yuk, berikan pujian yang sewajarnya saja. Apalagi jika kita belum tahu kenyataannya. Jangan sampai mereka malah merasa kalau kita merendahkannya.

Mari belajar menikmati hal-hal yang sederhana

Tidak ada komentar: